Sunday, March 19, 2017

17 Alasan Kenapa Memilih Suzuki GSX R150 dan GSX S150

Posted on 
Suzuki Indonesia – Tahukah kalian kenapa dinamakan Suzuki GSX R? ada yang sudah tahu? Nah nama ini konon terinspirasi dari kesuksesan suzuki GSX R yang lebih dari 30 tahun sebagai motor sport berforma tinggi di dunia.
Pada tahun 2016 ini suzuki merilis 2 motor sport kelas 150cc dengan nama GSX R dan GSX S. Huruf “R” sendiri artinya Racing sedangkan untuk huruf “S” adalah Street Sport.
Kalau melihat data statistik penjualan mungkin suzuki kalah dalam penjualan motornya, so kalian menganggap suzuki adalah produk yang nggak laku dan jelek kualitasnya?
Mungkin sebagian orang-orang yang belum tahu mengatakan begitu, kalau dilihat dari sejarahnya suzuki selalu mengedepankan kualitas dan memang produknya selalu dapat dihandalakan ketahananannya.
Sebagai contohnya dari data diatas penjualan terbanyak adalah honda, ya kita tahu produk-produk honda sangat banyak sekali dari matic, sport, bebek dan mereka menjual semuanya dengan banyak varian, sedangkan suzuki hanya memiliki beberapa motor yang menurut gue valuenya sangat sederhana jika dibandingkan dengan kompetitor.
Soal desain sih selera masing-masing, namun jika dikemas dengan teknologi terbaru tentu menjadi suatu nilai tambah tersendiri jika dibandingkan dengan merk kompetitor.
So inilah yang dilakukan suzuki indonesia saat ini untuk mengembangkan sebuah motor terbaru dimana mereka menciptakan sebuah produk yang benar-benar menyesuaikan untuk kebutuhan masyarakat indonesia.
Suzuki GSX R150 dan Suzuki GSX S150 adalah 2 motor yang dilahirkan dengan performa yang tinggi dan menggunakan teknologi terbaru sebagai nilai tambahnya.
Key-less ignition adalah terobosan teknologi terbaru yang berfungsi untuk mengunci dan menghidupkan motor dengan remote, sangat mudah dan tidak repot tanpa harus mencolokan kesana kemari.
Sebagai motor sport yang diproduksi di indonesia dan motor pertama yang menggunakan teknologi keyless, bisa dibilang Suzuki GSX R150 memiliki nilai tambah tersendiri bagi penggunanya karena dari kompetitor sendiri belum menggunakan teknologi tersebut.
Nah lalu kenapa kalian harus memilih GSX R150 dan GSX S150 sebagai motor sport masa kini? Mungkin jawaban berikut bisa memuaskan dan tidak membuat bimbang…

Alasan Memilih Suzuki GSX R150 dan GSX S150 Sebagai Motor Sport Pilihan Masa Kini

suzuki-gsx-r150-terbaru-20

#1 GSX R150 Desain Keren Mirip MOTOGP dan ada Aksesoris Wingletnya

Suzuki-GSX-R150-Terbaru
Memiliki motor dengan desain MOTOGP tentu menjadi dambaan bagi seseorang. Begitupun dengan motor suzuki GSX R150, dikarenakan orang indonesia banyak yang menyukai MOTOGP tentu ini menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa.
suzuki-gsx-r150-terbaru-19
Selain desain yang mirip-mirip dengan MOTOGP ternyata Suzuki GSX R150 ini juga tersedia aksesoris wingletnya.
Winglet sendiri berfungsi untuk meningkatkan downforce motor dan juga berguna untuk anti wheelie yaitu saat kondisi roda depan terangkat karena power yang besar dan kecepatan yang tinggi.

#2 Motor GSX R150 & GSX S150 Paling Ringan Di kelasnya

suzuki-gsx-r150-terbaru-8
Sudah tidak heran lagi, dengan perhitungan yang matang tentu akan menghasilkan Power to Weight Ratio yang cukup signitifikan dalam meraih top speed kelas motor 150cc sehingga motor jauh lebih kencang dan bertenaga.
Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh suzuki GSX R150 ini, untuk beratnya hanya berbobot 126kg. Coba bandingkan dengan motorsport 150cc merk sebelah, rata-rata berat motor berkisar antara 130-136.
Jadi kalau kalian mempunyai badan agak kurus dan suka dengan yang motor yang lebih enteng, gsx r150 dan gsx s150 ini sepertinya cukup cocok untuk dicoba.

#3 GSX R150 Menggunakan Keyless.. Anti Maling…

suzuki-gsx-r150-terbaru-15
Curanmor kini selalu marak di indonesia, kian hari banyak kemalingan sepeda motor, pengaman seperti shutter key tampaknya belum bisa optimal dalam mengamankan sepeda motor.
Para pelaku curanmor pun rata-rata membobol dengan menggunakan kunci andalannya yang berbentuk. Namun jika menggunakan immobilizer atau griplock para curanmor bisa berpikir-pikir lagi dalam melancarkan aksinya.
Denga keyless kita tinggal pencet tombol di remot, puter switchnya depan tangki, terus tekan tombol start sebelah kanan, jrennnggg mesin nyalaaaa… Masak iya bisa dibobol.. hmmmm
Selain itu ada fitur answer backnya juga, fitur ini sangat berguna untuk memarkir motor tapi lupa menaruhnya disebelah mana.

#4 GSX R150& GSX S150 memiliki 2 Lubang Knalpot, teknologi terbaru nih

suzuki-gsx-r150-terbaru-21
gsx-r150_muffler
Untuk knalpot Suzuki GSX R150 dan GSX S150 ini berbeda dengan kelas motorsport 150cc lainnya. Knalpotnya memiliki 2 lubang dan sudah dipastikan tidak jomblo lagi.
Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus memiliki 2 lubang diatas dan dibawah? Jawab gue sih singkat, biar suaranya enak dan powernya kerasa njengat.
Loh kok bisa tahu? yaa gimana yaa.. coba aja deh kalau ndak percaya..

#5 Radiator GSX R150 Cukup Besar

suzuki-gsx-r150-terbaru-12
Nah kita bisa melihat radiatornya cukup gede kan, jadi sudah jelas untuk motor kelas 150cc gsx r150 dan gsx s150 ini motor yang radiator paling gede.
Kenapa dibuat gede? ya biar bisa optimal dalam mendinginkan mesin. Performa yang tinggi tentu panasnya juga tinggi.

#6 GSX R150&GSX S150 Sangat Cocok Buat Anak Muda

suzuki-gsx-r150-terbaru-18
Kalau kalian emang jomblo dan nggak laku-laku sepertinya di buat single seater lebih manteb, dari pada buat boncengan tapi nggak ada yang diboncengin, gue ikut prihatin juga lhoo…
Nah kalau kalian udah gak jomblo alias punya boncengan, monggo yang suka boncengin liat posisi duduknya menurut kalian pass apa kurang pass..
posisi-boncengan-gsx-s150
Jika dilihat-lihat posisi duduknya emang khusus buat anak muda yang masih sehat dan penuh semangat, tapi kalau buat boncengan simbah-simbah bisa encok tuh pinggangnya….

#7 Lampu depan GSX R150 & GSX S150 Sudah LED

suzuki-gsx-r150-terbaru-6
Lampu depan suzuki gsx r150 dan gsx s150 sudah dipastikan menggunakan LED. Lampu LED sendiri dalam memancarkan cahaya lebih terang dan bersih.
Untuk posisinya sendiri gue belum tahu, apakah pass untuk menerangi jalan atau terlalu tegak sehingga orang yang didepannya merasa silau ketika melihat lampu LED tersebut.

#8 GSX R150 Motor Dengan 4 Spion

suzuki-gsx-r150-terbaru-7
Jika kalian kurang puas dengan spion depan yang terletak diatas headlamp, kalian bisa menambah spion lagi pada  bagian stangnya. Gimana kerenkan…
Atau kalian tidak suka memasang spion di depan tinggal di copot terus ganti kemudian pasang di bagian stangnya.

#9 GSX R150 & GSX S150 Banyak Pilihan Warna

ALL NEW GSX S150
warna-matt-black-gsx-s150Warna stringer red titan black gsx s150warna-ice-silver-gsx-s150
All NEW GSX R150
warna-suzuki-gsx-brilliant-white-gsx-r150Warna SUzuki GSX Mate Black GSX R150stronger-red-titan-black-gsx-r150
GSX S 150 MOTOGPGSX R 150 MOTOGP
Warna metallic triton blue gsx s150metallic triton blue gsxr
Oke soal desain dan pilihan warna sih sesuai selera masing-masing ya, kalau gue sendiri suka yang warna putih merah.
Kalau kalian suka dengan warna MOTOGP ada juga lho, jadi tinggal pilih selera masing-masing.
Mungkin ada yang protes, kok desainnya kayak gini sih? yang desain kreatif banget? yaa sudah kita ketahui sejak lama, garis desain suzuki kalau desain emang gini nih.
Andai desainnya berkarakter seperti honda cbr250rr, apa yang kalian pikirkan? beli langsung atau beli nanti…

#10 Ergonomi GSX R150 Racy Banget

suzuki-gsx-r150-terbaru-17
Mantab banget kalau buat nungging-nungging seperti naik MOTOGP beneran, soal pegel ndak pegel yaa tergantung juga sih cara mengendarainya. Kalau dikendarai dengan kebut yaa cucok banget, kalau dikendarai dengan pelan-pelan yaa dinikmatin ajaa.
Pernah waktu itu gue mencoba untuk memboncengnya, apa yang gue rasakan ternyata cukup lumayan tidak terlalu nungging seperti yamaha r15. Kalau yamaha r15 nunggingnya aduhaaiii banget deh..

#11 Easy Start System, Sekali Starter langsung nyalaa

gsx-r-150
Suzuki menamai sistem starternya dengan EasyStartSystem dimana jika sekali tekan tombol start, mesin langsung menyala tanpa harus diulang-ulang starternya.
Nah yang unik pada GSX R150nya tidak tersedia kick starter alias engkolannya seperti satria fu injeksi, disini hanya terdapat tombol easystartsystem pada stangnya.

#12 Power Paling Besar dikelasnya 19.17HP (Horsepower)

suzuki-gsx-r150-terbaru-11
Perlu diketahui untuk membuat motor kencang dan cepat harus ada perhitungannya bukan asal-asalan dalam merakit dan merancangnya.
Semua dikembangkan dengan perhitungan yang pass agar saat motor melaju dengan cepat bisa stabil dan tidak membuat pengendara menjadi tidak stabil ataupun fatalnya bisa oleng sendiri.
Rumus kasarnya sendiri untuk menciptakan motor tercepat adalah sebagai berikut:
Bobot Ringan + Tenaga besar = Motor Tercepat
Kita sudah melihat kalau suzuki GSX R150 ini hanya memiliki berat 126kg dan powernya 19.17HP (horsepower) sehingga didapat
Berat 126kg+19.17Hp= Motor Kencang
Apakah cuman itu saja untuk membuat motor kencang, tentu bukan hanya itu saja, motor kencang juga dipengaruhi oleh mesin, body,  air filter, oli, Ecu, velg, knalpot, bahan bakar dan lain-lain.
Namun yang paling berpengaruh dalam keadaan standart adalah beban yang ringan dan power mesin yang besar.
Nah jika kita melihat spesifikasi yang ditawarkan, tentu motor GSX R150 ini lebih unggul dari kompetitornya untuk lebih detailnya kalian bisa melihat dibawah ini.
Jadi kalau kalian emang pecinta speed lover, GSX R ini bisa jadi pilihan terbaik saat ini.

Spesifikasi GSX R150 vs Yamaha r15 vs Honda CBR 150R

Suzuki GSX-R150Yamaha YXF-R15Honda CBR 150R
L X W X H1.975 X 674 X 1.070 mm1.975 X 660 X 1.070 mm1.983 X 694 X 1.038 mm
Whellbase1.300 mm1.345 mm1.311 mm
Seat height785 mm800 mm787 mm
Ground clearance150 mm160 mm166 mm
Weight126 kg (dry weight)136 kg135 kg
EngineDOHC 4 valve water cooledSOHC 4 valve water cooledDOHC 4 valve water cooled
Cylinder1 cylinder1 cylinder1 cylinder
Bore X stroke62 X 48,8 mm57 X 58,7 mm57,3 X 57,8 mm
Power14,1 kw (19,17 HP) @ 11.000 rpm12,2 kW (16,6 HP) @ 8.500 rpm12,6 kW (17,1 HP) @ 8.500 rpm
Torque13,9 Nm @ 8.500 rpm14,5 Nm @7.500 rpm13,7 Nm @ 7.000 rpm
Transmision6-speed6-speed6-speed
FrameDiamondTwinsparDiamond (truss) frame
Tire front90/80-1790/80-17100/80-17
Tire rear130/70-17130/70-17130/70-17
Fuel tank11 litres12 litres12 litres
EmissionEuro 3Euro 3Euro 3

#13 Harga GSX R150 Cukup Murah dan Terjangkau

Mengenai harga tampaknya belum secara pasti dikumandangkan, dan kabar yang beredar dari para blogger otomotif mengatakan kalau harga suzuki gsx r150 berkisar Rp.29.000.000 jutaan sedangkan untuk versi nakednya harga suzuki gsx s150 Rp.24.000.000 jutaan.
hmmm tampaknya masih sama yaa dengan kompetitor tapi semoga aja ketika ditetapkan nanti harganya bisa dibawah kompetitor.
Kalau melihat dari value yang ditawarkan dengan harga 32 jutaan sepertinya masih kurang sepadan yaa.. semoga aja harga gsx r150 dan harga gsx s150 saat awal di distribusikan harganya bisa dibawah kompetitor.

#14 GSX R150 Tersedia Aksesoris Asli Menambah Kesan Racing

suzuki-gsx-r150-terbaru-24
Untuk menambah kesan sebagai motor racing, suzuki memberikan beberapa aksesoris original untuk membuat si gsx r 150 ini lebih kece dan keren.
Beberapa aksesoris gsx r150 seperti rim decal, winglet, seat tail, tank & fuelid pad set, alarm system & usb charger, cover radiator system dan beberapa aksesoris lainya membuat si gsx r150 ini lebih kece abizzz.

#15 Speedometer GSX R150 Full Digital

gsx-r150_lcd-speedometer
Selain itu dilengkapi juga dengan LCD Speedometer full digital, beberapa panelnya seperti bar konsumsi bahan bakar, jam, gear posision, speed km/h, trip, lampu jarak jauh, lampu abs, lampu netral, dan beberapa tombol untuk mensettingnya.

#16 Handgrip GSX R150 Nyaman dan Agak Empuk

suzuki-gsx-r150-terbaru-2suzuki-gsx-r150-terbaru-6
Handgripnya berasa empuk-empuk gimana gitu, saat di pegang berasa nyaman, lengket ditangan, dan terakhir telapak tangan tidak cepet kemerahan akibat kelamaan menggenggamnya.

#16 GSX R150 & GSX S150 Bisa Inden Online

Untuk mempermudah dan mempercepat layanan pembelian suzuki gsx r150 dan suzuki gsx s150, team marketing suzuki indonesia meluncurkan sebuah website khusus untuk pembelian secara online yang dapat kalian akses di suzukigsxrs150.com
Kabarnya saat ini pembelian secara online suzuki gsx r150 dan gsx s 150 sudah mencapai ribuan yang telah melakukan inden secara online.
Tampaknya pembukaan website khusus tersebut dilakukan sejak di luncurkannya suzuki gsx r150 dan gsx s150 secara world premier di imos 2016 beberapa hari yang lalu.

Kesimpulan

Hadirnya gsx r150 dan gsx s150 di kelas motorsport 150cc akan menjadi penantang baru bagi kompetitornya seperti yamaha r15,yamaha vixion 150, yamaha xabre 150, yamaha byson 150, honda cb150, honda cbr150, dan terakhir honda verza 150.
Soal desain sih selera masing-masing, tapi soal mesin dan fitur tampaknya bisa menjadi pertimbangan lebih karena valuenya lebih tinggi.
Seandainya jika suatu saat nanti suzuki ingin facelift suzuki gsx r 150 dan gsx s 150 sarannya mungkin bisa menggunakan upsite down untuk suspensi depan, multi mode ECU mapping, headlamp untuk gsx s150 ganti dengan gsx s 1000, apa lagi yaa… hmmm tambahin aja lah buat temen-temen yang ingin menambahkan.

No comments:

Post a Comment